Kamis, 06 Maret 2014

Pengertian Olahraga Renang yang Wajib Dipahami

Pengertian Olahraga Renang yang Wajib Dipahami
Olahraga Renang yang Wajib Dipahami
Ilustrasi pengertian olahraga renang
Artikel ini akan mencoba menjelaskan mengenai pengertian olahraga renang, sejarah, dan berbagai macam gaya renang. Olahraga renang merupakan jenis olahraga yang banyak sekali memberikan manfaat, diantaranya: untuk anak yang masih dalam tahap pertumbuhan bisa menambah tinggi badan, melatih pernafasan, dan melenturkan otot-otot yang kaku.

Olahraga renang tidak melulu menuntut harus adanya kolam khusus renang, berenang di kolam, sungai, bahkan  laut juga ternyata menarik untuk dilakukan.

Pengertian olahraga renang merupakan perilaku yang membuat gerakan di air, sangat mobile, dan seringkali tak memerlukan perlengkapan buatan. Olahraga ini selain bisa menyehatkan juga mampu mebuat fikiran rileks dan menghilangkan stres.
Sejarah dan Pengertian Olahraga Renang

Apa bukti bahwa zaman pra-sejarahpun manusia purba sudah melakukan renang? Adalah ditemukannya beberapa lukisan tentang para perenang zaman batu di sebuah gua yang berdekatan dengan Gilf Kebir, Mesir Barat.

Beberapa catatan yang banyak mengisahkan tentang para perenangnya ini diantaranya kitab Yehezkiel 47:5, Iliad, Odyssey, Epos Gilgamesh, Kisah Para Rasul 27:42, dsb.

Sumber-sumber tersebut semakin diafirmasi dengan sebuah buku tentang renang yang ditulis oleh seorang profesor dari Jerman, Nicolaus Wynmann, berjudul Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst.

Dan pada tahum 1800-an, di Eropa mulai diadakan perlombaan renang di kolam khusus renang yang sebagian pesertanya ketika banyak yang menggunakan gaya dada.

Mungkin John Arthur Trudgen bosan dengan gaya yang monoton tersebut, ia menciptakan gaya baru yakni gaya trudgen dengan gerakan merangkak ke depan. Trudgen terinspirasi dari teknik renangnya suku Indian di Amerika Selatan. Olahraga renang ini diperlombakan secra resmi pada Olimpiade Athena tahun 1896.

FINA atau Federation Internationale de Natation merupakan persatuan olahraga renang seluruh dunia yang dibentuk pada tahun 1908. Sebelum dibentuknya FINA, gaya punggung merupakan gaya baru yang dimasukkan sebagai gaya terbaru dalam kejuaraan renang. Dan pasca dibentuknya FINA, gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan variasi dari gaya dada juga dikategorisasikan sebagai gaya tersendiri.

Gaya Berenang
Setelah dijelaskan perihal pengertian olahraga renang dan sejarahnya, kini saatnya Anda tahu mengenai apa saja gaya dalam berenang yang telah ditetapkan oleh FINA. Ada berbagai macam gaya yang biasanya dipertandingkan dalam berenang, diantaranya:

1.    Gaya Bebas
Gaya ini persis seperti gerakan katak yang sedang asyik berenang. Dimana posisi dada tegak menghadap permukaan air, posisi kedua tangan diayuhkan jauh ke depan untuk mendapatkan hentakkan dan power, dan kedua kaki dihentakkan naik turun di dalam air supaya menimbulkan gaya dorong ke depan untuk membantu gerak kedua tangan.
Ketika melakukan gaya ini, posisi wajah sebisa mungkin arahkan ke permukaan air. Pernafasan dilakukan ketika posisi tubuh miirng ke salah satu sisi, kepala juga miring dan kedua tangan digerakkan keluar dari air.

2.    Gaya Punggung
Gaya ini mengharuskan orang yang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air, posisi wajah ada di atas permukaan air. Gaya punggung ini berbeda dengan gaya bebas karena si perenang tidak bisa menghadap ke arah depan, melainkan ke atas. Sehingga berapa jauh lagi sampai ke tepi kolam hanya bisa dilakukan dengan mengandalkan insting dan memperkiraka jumlah gerakan.

3.    Gaya Dada
Gaya ini hampir mirip dengan gaya bebas. Bedanya, gaya dada mengharuskan posisi tubuh yang stabil dan posisi kepala juga bisa berada di luar air sehingga memudahkan untuk melakukan pernafasan. Gaya ini termasuk populer dan sering digunakan oleh para penyuka renang, dari kalangan awam sampai profesional sekalipun.

Manfaat Olahraga Renang
Olahraga air tentunya mendatangkan manfaat bagi yang melakukan. Sebagaimana olahraga darat, jika dilakukan dengan benar dapat membakar kalori dan menyehatkan tubuh.

Berenang menjadi rekomendasi karena mudah dilakukan dan tentunya dengan tidak terasa banyak kalori yang terbakar. Berada di dalam air membuat seseorang tidak berkeringat.

Berbeda dengan lari dan olahraga darat lain, bahkan olahraga air juga yang tidak dilakukan di dalam air seperti renang akan membawa efek kelelahan yang sangat. Keringat keluar sehingga tubuh mengeluarkan cairan berlebih.

Renang tidak demikian keringat tidak keluar, tetapi kalori tetap menghilang dari tubuh. Meski tidak mengeluarkan keringat tetap saja setelah berenang seseorang akan merasa sangat lapar.

Renang memang melelahkan, tetapi menyenangkan pula. Renang cukup mudah dilakukan, tetapi banyak pula orang yang tidak bisa. Sebenarnya bukan tidak bisa, tetapi belum belajar sehingga tidak bisa. Orang-orang yang tinggal di perkotaan secara khusus pergi ke kolam renang untuk belajar renang atau rutin berenang.

Sementara itu, orang di desa atau daerah terpencil melakukan renang secara rutin pula, tetapi di tempat yang lebih alami seperti sungai atau danau. Adapun orang tepi pantai, mereka lebih berani dengan berenang di laut atau menyelam. Hal ini dilakukan karena mereka memiliki ikatan yang khusus dengan perairan.

Renang menjadi satu-satunya olahraga air yang mudah dilakukan di mana-mana. Asal ada air yang cukup dibuat berenang, renang dapat dilakukan. Olahraga air jenis lain membutuhkan tempat tertentu dan peralatan yang tertentu pula.

Renang selain mudah dilakukan juga memiliki riwayat yang panjang. Olahraga air ini telah dikenal sejak jaman prasejarah. Bukti tersebut ditemukan di gua perenang. Pada masa primitif masyarakatnya melakukan renang juga bukan hanya untuk rekreatif atau olahraga tetapi juga sebagai ajang kompetisi.

Renang sebagai salah satu olahraga air memiliki beberapa jenis atau gaya, di antaranya gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu, dan gaya dada. Gaya-gaya tersebut merupakan pengembangan dari gaya bebas. Setiap orang yang belajar olahraga air renang akan diajari gaya bebas terlebih dahulu. Pada orang-orang yang belajar secara otodidak juga melakukan gaya bebas. Gaya bebas berupa dorongan kaki ke air sedangkan tangan menjadi dayung bergeraknya tubuh. Renang dapat dilakukan oleh siapapun. Maksudnya orang dengan riwayat kesehatan apapun bisa melakukan olahraga air ini. Penderita obesitas sangat dianjurkan berenang, bahkan ibu hamil diperbolehkan berenang.

Penderita asma mendapat rekomendasi tertinggi untuk melakukan renang. Penderita artritis atau penyakit persendian disarankan untuk rutin berenang. Renang menjadi olahraga air yang cukup bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat berenang tersebut, antara lain sebagai berikut.
1.    Membentuk Otot
Olahraga air ini dilakukan dengan menggerakkan hampir keseluruhan tubuh, mulai dari kepala, leher, tangan, dada, perut, punggung, pinggang dan kaki. Anggota gerak atas dan bawah semua bergerak. Melawan arus dalam olahraga air menyebabkan tubuh mengeluarkan tenaga yang besar dan membentuk otot tubuh.
2.    Meningkatkan Fungsi Jantung dan Paru-Paru
Kegiatan menendang, mendorong, muncul, dan tenggelam tubuh dalam renang dapat membuat olahraga air ini baik bagi jantung dan paru-paru. Dua alat vital ini dilatih untuk bekerja secara maksimal saat di dalam air. Berenang secara teratur tentunya meningkatkan fungsi dari jantung dan paru-paru.
3.    Menambah Tinggi Badan
Merasa pendek? Maka renang menjadi salah satu olahraga air yang direkomendasikan secara teratur dilakukan. Ingat pula manfaat ini bisa dirasakan hanya bagi yang masih dalam masa pertumbuhan.
4.     Melatih Pernapasan
Seseorang yang menderita asma, akan lebih baik diterapi dengan olahraga air. Renang tentunya menjadi pilihan. Berenang menguatkan sistem kardiovaskular dan pernapasan. Orang yang secara rutin berenang akan memiliki nafas yang panjang dan sehat sistem pernafasannya.


Teknik Renang
Selain pengertian olahraga renang, gaya dan manfaat berenang di atas, terdapat pula tips yang bisa digunakan dalam berenang. Tips ini membantu Anda yang belum bisa berenang untuk segera menguasai berbagai teknik yang terlah dibahas tadi. Tips dalam berenang, yaitu sebagai berikut.

Sebagian besar kolam renang umum menawarkan pelajaran renang untuk segala usia.
Cobalah berenang sendiri atau berdua untuk jaga jaga sampai Anda merasa sangat nyaman berenang.
Jika Anda gugup masuk ke air, cobalah menempatkan kaki Anda terlebih dahulu dan perlahan-lahan membuat jalan masuk
Gunakan prinsip mengapung,  jaket pelampung atau pelampung lengan untuk membantu tetap mengapung jika masih merasa gugup bergerak di air.
Google, penyumbat hidung dan/atau sumbat telinga dapat membuat Anda lebih nyaman.
Ingat Anda selalu dapat menempatkan kaki Anda bawah jika Anda mulai panik.
Kalau gugup pasti sering kebelet buang air kecil. Jika demikian, untuk menjaga kemungkinan terhidrasi, cobalah minuman olahraga yang menggantikan elektrolit.
Pola makan harus di jaga sebelum berenang, makanlah hal-hal yang akan mengganti kembali mineral dalam tubuh Anda misalnya buah buahan.
Jika selama prakteknya ada seseorang yang lebih baik berenangnya, karena mereka lebih tua atau memiliki keahlian yang lebih, jangan sungkan meminta teknik renang dan tips.

1 Responses to “Pengertian Olahraga Renang yang Wajib Dipahami”

Poskan Komentar

Sponsored by Jobs