Kamis, 20 Februari 2014

Contoh Makalah Virgin Coconut Oil (VCO)

Contoh Makalah Virgin Coconut Oil
Virgin Coconut Oil (VCO)

BAB I
PENDAHULUAN


1.1.    Latar Belakang
Selama sekitar 3960 tahun yang lalu, dari 4000 tahun sejak adanya catatan sejarah, telah diketahui penggunaan buah kelapa sebagai bahan makanan dan kesehatan. Selama itu, dicatatat bahwa buah kelapa memang sangat bermanfaat, tanpa epek samping. Pohon kelapa dipandang sebagai sumber daya berkelanjutan yang berkelanjutan yang memberikan hasil panen yang berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan masyarakat.
Penggunaan minyak kelapa diseliruh dunia, khususnya didaerah tropis merupakan suatu yang umum dengan segala kemungkinan fungsional dan nutrisional. Meskipun minyak jenuh, minyak kelapa memiliki struktur parmasetikal dan prilaku yang berbeda dengan minyak alami lainnya.
Sementara itu, kita telah sampai pada titik kritis dalam sejarah kita,ketika masyarakat sangat membutuhkan jenis minyak yang murah, berlimpah,alami, dan anti bacterial serta antiviral.

1.2.    Tujuan Penelitian
Dapat mengetahui seputar cara pembuatan minyak kelapa dan aneka metode pembuatannya.Dapat mengenal minyak atau lemak yang terkandung didalamnya
1.3.    Manfaat
Minyak kelapa murni sebagai sumber energy tubuh. Minyak kelapa murni sebagai bahan keecantikan. Minyak kelapa murni dapat mengatasi berbagai penyakit akibat gangguan metabolism dan degenerative.

1.4.    Rumusan Masalah
1.    Apa itu minyak kelapa ?
2.    Adakah penelitian yang meyakini pentingnya minyak kelapa? Bagai mana cara membuat VOC

BAB II
LANDASAN TEORI


2.1    Minyak Kelapa
Menurt kamus elektonik, minyak kelapa adalah minyak yang berwarna kuning pucat sampai tidak berwarna,atau lemak semi padat berwarna putih yang diperoleh daging buah kelapa,digunakan secara luas dalam indrustri makanan dan diproduksi langsung oleh kosmetika. Kamus elektronik Wikipedia menggambarkan bahwa minyak kelapa adalah minyak yang terdiri dari 90% lemak jenuh yang diestrak dari buah kelapa,dan digunakan dalam kosmetika dan sebagai minyak goreng.
Fakta bahwa kelapa mengandung lemak jenuh tidak otomatis membenarkannya menjadi penyebab kolesterol, karena minyak kelapa memiliki sifat yang unik. Lagi pula sebenarnya orang tidak paham apa yang dimaksud dengan lemak jenuh.
Perlu anda perhatikan bahwa ada beberapa gugus asam lemak yang ada didalam minyak dan lemak. Pada umumnya dikelompokan dalam asam lemak rantai pendek,asam lemak rantai medium,dan asam lemak rantai panjang.
   
2.2    Cara Membuat VOC
Berdasarkan cara uji coba yang dilakukan penulis dalam membuat VOC,maka disini akan dipaparkan cara membuat VOC dengan metodenya.

•    Cara membuat
Untuk membuat 1liter VOC, dibutuhkan 10-12 butir kelapa. Untuk memilik kelapa yang sudah mulai bertunas, maka apabila anda bukan petani kelapa, mau tidak mau anda  pergi kepasar.
Cobalah anda sampaikan kebutuhan anda akan kelapa tua yang sudah mulai bertunas, untuk digunakan sebagai bahan pembuatan minyak kelapa.
    Apabila anda membeli kelapa pada penjual di pasar, sering kali penjual tersebut sudah dilengkapi dengan mesin parut. Dengan demikian, anda dapat sekaligus anda minta tolong agar kelapa tersebut di parut.
 Kelapa parut yang di pres dengan mesin,dapat di pres dengan tambahn air sehingga di peroleh santan yang berkualitas tinggi.  Santan dimasukan ke dalam kantong pelastik ukuran 2-3 kg. masukan santan ke dalam lemari es untuk dibekukan.    Setelah antan membeku, keluarkan santan dari lemari es,dan dinginkna pada suhu ruangan.biarkan santan tetap di kantong pelastik selama 24 jam, sehingga akhirnya terjadi pemisahan santan menjadi komponen air,minyak dan ampas santan. Pemisahan ini terjadi akibat enzimatis internal,yakni enzim dari buah kelapa itu sendiri yang aktif memisahkan santan menjadi komponen-komponennya.
Selanjutnya komponen minyak yang masih bercampur dengan ampas santan dipanaskan selama sekitar 30 menit, sehingga minyak benar-benar terpisah dengan ampasnya. Tuangkan minyak ke dalam wadah dengan di saring kain. Demikinanlah minyak dan ampas sudah terpisah. Harap diketahui bahwa ampas yang tersisa ini rasanya agak asam,sehingga tidak enak untuk dikonsumsi.
Peroses selanjutnya adalah penyaringan bertingkat dengan menggunakan tissue.
Demikianlah sebagai hasil akhirnya kita peroleh VOC,selanjutnya tinggal masukan minyak ke dalam wadah penyimpanan.

BAB III
PEMBAHASAN MASALAH


3.1.    Manfaat VOC Bagi Kesehatan
Boleh dikatakan minyak kelapa murni (virgin coconut oil)adalah karunia tuhan kepada umat manusia .pada dasarnya manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan dapat di golongkan sebagai berikut :
1.    Sebagai sumber energi tubuh(kalori)
2.    Sebagai penyembuh penyakit metabolisme /dengeratif
3.    Sebagai bahan kecantikan
Marilah kita kupas satu persatu manfaat minyak kelapa murni (voc) tersebut :
a.    Minyak Kelapa Murni Sebagai Sumber Energi Tubuh
Tubuh manusia akan cenderungmengutamakan menggunakan sumber energi berupa asam lemak rantai pendek sampai medium,dengan demikian ,tubuh akan membakar terlebih dahulu asam lemak rantai pendek dan medium tersebut sebagai sumber   energy tubuh , itulah sebabnya mengomsumsi minyak kelapa murni tidak akan menimbulkan kegemukan ,karena asam lemak yang terkandung di dalam nya akan cepat di bakar oleh tubuh sebagai sumber energy tubuh .
Boleh dikatakan bhwa asam lemak rantai pendek dan rantai sedang merupakan sumber energi cepat bagi tubuh. Oleh sebab itu,apabila kita mengonsumsi minyak kelapa,maka kita akan senantiasa enerjik,karena kebutuhan energy di dalam sel-sel tubuh kita tersuaplai dengan cepat.hal ini berarti minyak kelapa meningkat vitalitas kita.
b.    Minyak kelapa murni sebagai penyembuh metabolisme/degenerative
Tubuh memeng membutuhkan senyawa lemak untuk membangun tubuh yang sehat.lemak khususnya berfungsi untuk membangun dinding sel tubuh kita,serta sel-sel jaringan saraf,termasuk otak. Namun, yang di maksud dengan lemak disini adalah lemak yang alami.sebab hanya lemak alami saja yang dapat di metabolisme oleh tubuh.
Beberapa manfaatnya:
1.    Membantu melindungi diri terhadap serangan penyakit
2.    Mengurangi peradangan kronis
3.    Membantu mencegah sakit jantung dan stroke
4.    Membantu mencegah tekanan darah
5.    Mengatasi sembelit

c.    Minyak kelapa murni sebagai bahan kecantikan
Untuk perawatan kulit,minyak kelapa murni dapat berfungsi sebagai hand and body lation, pelembab,dan penyembuh berbagai penyakit kulit.
Beberapa manfaatnya:
1.    Mendukung keseimbangan kimiawinsecara alami
2.    Melembutkan kulit dan mengencangkan kulit serta lapisan lemak di  bawahnya
3.    Mencegan keriput
4.    Mengatasi jerawat dengan cara di minum dan di oleskan
5.    Merawat kulit agar tetap lentur
Sedangkan bagi kesehatan rambut,manfaat minyak kelapa, Antara lain:
1.    Mengendalikan ketombe
2.    Mengembalikan gejala uban
3.     Memberikan warna rambut yang sehat da tidak kering
Untuk aspek kecantikan kulit dan rambut ini,kelemahan minyak kelapa adalah pada baunya yang khas maka dari itu sebaiknya anda para pengguna minyak kelapa , ada baiknya menggunakan minyak wangi sesuai selera anda.

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN


4.1.    Kesimpulan
Salah satu sumber daya alam yang penting menakjubkan,yaitu minyak tropis, khususnya minyak kelapa dengan segala kemungkinan fungsionalnya.

4.2.    Saran
Setelah kita ketahui,semua manfaat VOC,maka konsumsilah voc sebagai bagian dari kehidupan anda.hal ini hanya di tunjukan bagi anda yang ingin hidup sehat.
Demikian sedikit gambaran tentang voc.

DAFTAR PUSTAKA


Fife,bruce.The Healing Miracles of coconut oil,Healthwise,2001
Zamora,Antonio.Fats.http//:www.coconut-conections.com/nutritional_value.htm
Enige,M.G.coconut: in support of good health in the 21st century,36th meeting of APCC,1999.

1 Responses to “Contoh Makalah Virgin Coconut Oil (VCO)”

Poskan Komentar

Sponsored by Jobs