Rabu, 22 Januari 2014

Contoh Artikel Sumber Ekonomi Yang Langka

Contoh Artikel Sumber Ekonomi Yang Langka

KEBUTUHAN/SUMBER EKONOMI YANG LANGKA DAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS

A.    Barang/ Benda Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia
Manusia memiliki kebutuhan yang beraneka ragam. Hal tersebut akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia itu sendiri.kebutuhan manusia pada zaman dulu dengan manusia sekarang.
Alat pemuas kebutuhan:
Pengertian barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan
Alat pemuas kebutuhan manusia terdiri atas barang dan jasa. Setiap hari manusia membutuhkan dua alat pemuas kebutuhan tersebut. Walaupun sama-sama sebagai alat pemuas kebutuhan  kedua alat pemuas kebutuhan tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud misalnya nasi untuk memenuhi kebutuhan pangan.adapun jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud misalnya jasa dokter untuk memenuhi kebutuhan kesehatan.
 Jenis barang
a.    Barang meburut cara perolehan
o    Barang bebas adalah barang yang tersedia dalam jumlah banyak. Contoh, udara, matahari, pasir.
o    Barang ekonomi adalah barang yang untuk memperolehnya memerlukan sejumlah pengorbanan tertentu. Contoh, untuk memperoleh buku kita harus membeli.
b.    Barang menurut cara pemakaian
o    Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat jika digunakan bersama-sama dengan barang lain. Contoh sepeda motor tidak akan dapat berjalan jika tidak ada bahan bakar.
o    Barang subtitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan barang lain.contoh, nasi dengan singkong.
c.    Barang menurut cara pengerjaan
o    Barang mentah adalah barang yang belum mengalami prosesproduksi. Contoh, batu bara, biji besi
o    Barang setengah jadi adalah barang hasil pengolahan bahan mentah,
o    Tetapi belum merupakan produk akhir dan masih akan diolah. Contoh, benang.
o    Barang jadi adalah barang siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh, sepatu,baju.
d.    Barang menurut bentuknya
o    Barang tetap adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya dan tidak bergerak atau berpindah.contoh, gedung, pabrik.
o    Barang bergerak adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya tetapi dapat berpindah tempat. Contoh, mobil.
e.    Barang dari segi kemakmuran rakyat
o    Barang superior, semakin tinggi tingkat kemakmuran rakyat, semakin besar pula permintaan terhadap suatu barang, seperti TV, Video, Mobil mewah dan sebagainya.
o    Barang Interior, semakin tinggi tingkat kemakmuran rakyat semakin kecil permintaan terhadap suatu barang. Misalnya gaplek, jagung.
f.    Barang dari segi penggunaan
o    Barang konsumsi merupakan barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi dapat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu: Barang Konsumsi tidak tahn lama, seperti makanan. Barang Konsumsi tahan lama, seperti pakaian yang dapat digunakan lebih dari satu kali.
o    Barang produksi merupakan barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara tidak langsung. Barang produksi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu: Barang produksi tidak tahan lama, seperti bahan mentah dan bahan baku. Barang produksi tahan lama, seperti cangkul, mesin-mesin, peralatan pabrik dan gedung.

1.    Pengertian Kelangkaan
Hari ke hari kebutuhan manusia semakin bertambah banyak baik jumlah, mutu, dan coraknya.. Jadi kelangkaan dapat diartikan situasi atau keadaan di mana jumlah sumber daya yang ada dirasakan kurang atau tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia. Menurut ilmu ekonomi, kelangkaan mempunyai dua makna, yaitu:
a.    Terbatas, dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan manusia.
b.    Terbatas, dalam arti manusia harus melakukan pengorbanan untuk memperolehnya.
2.    Faktor-Faktor Penyebab Kelangkaan
Kelangkaan dapat terjadi jika sumber daya yang ada terbatas sedangkan kebutuhan jumlahnya tidak terbatas. Kebutuhan manusia akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Meskipun manusia berusaha memperbanyak alat atau barang untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi sumber daya dan alat produksi yang ada terbatas jumlahnya. Keterbatasan sumber daya yang ada dapat dibuktikan dari contoh berikut ini.
a.    Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah sumber daya yang ada di alam dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Keberadaan sumber daya alam juga terbatas. Keterbatasannya dapat dilihat dari beberapa contoh sumber daya berikut ini.
1)    Air
Manusia memanfaatkan air terutama air bersih untuk minum, mandi, cuci pakaian, cuci piring, dan sebagainya. Di kota-kota besar untuk mendapatkan air bersih sangat sulit. Mereka harus membeli air bersih dari PAM (perusahaan air minum). Hal ini menunjukkan bahwa ketersediaan air sangat terbatas.
2)    Hutan
Hutan merupakan sumber daya alam yang sangat penting keberadaannya. Dahulu hutan di Indonesia menjadi paru-paru dunia. Selain itu hasil dari hutan seperti rotan, damar, dan kayu dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan. Hutan dapat juga dijadikan sebagai tempat resapan air sehingga dapat mencegah terjadinya banjirb

Kegunaan  Benda  Pemuas Kebutuhan
Benda pemuas kebutuhan diciptakan atau diproduksi oleh manusia dengan tujuan tertentu.
Benda pemuas kebutuhan manusia dapat digolongkan menjadi empat macam:
1.    Kegunaan  Bentuk  ( Form Utility )
Maksudnya, peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan   bentuknya. Contoh: kayu gelondongan akan lebih bermanfaat jika dibentuk menjadi kursi, lemari.

2.    Kegunaan  Tempat  ( Place  Utility )
Maksudnya, pertambahan kegunaan benda karena dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Contoh: kapal laut akan berguna di laut daripada di daratan, baju astonot akan berguna jika dipakai di bulan daripada di dunia.
3.    Kegunaan  Waktu  ( Time  Utility )
Mkasudnya, kegunaan suatu benda akan bertambah jika dipakai pada waktu  yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut. Contohnya: payung akan berguna pada saat panas atau hujan, dan tidak berguna pada saat ada badai.
4.    Kegunaan  Kepemilikan ( Ownership  Utility )
Maksdunya, kegunaan suatu benda baru terasa jika telah ada pemiliknya atau dimiliki oleh konsuman yang tepat.contohnya: suntikan akan lebih bermanfaat apabila dipakai oleh seorang dokter.

KELANGKAAN
Manusia harus melakukan pilihan diantara alternatif yang paling menguntungkannya sebab jenis & jumlah benda pemuas kebutuhan yg tersedia terbatas.
        Jumlah kebutuhan manusia > jumlah barang pemuas kebutuhan →
KELANGKAAN
Kelangkaan : kondisi dimana kita tidak memiliki cukup sumber daya untuk memuaskan kebutuhan kita.
Langka dan terbatasnya barang atau jasa pemuas kebutuhan manusia mengakibatkan nilai-nilai barang-barang ekonomi tersebut menjadi tinggi dan harganya menjadi mahal. Meski disisi lain, kelangkaan tersebut membuat orang-orang menjadi lebih kreatif untuk menyediakan berbagai alat pemuas kebutuhan manusia, sehingga mereka memperoleh keuntungan
Kelangkaan timbul akibat :
a.    Keterbatasan jumlah benda pemuas kebutuhan yg ada di alam.
b.    Kerusakan SDA akibat ulah manusia.
c.    Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya yg ada.
d.    Kebutuhan manusia yg tdk terbatas sedangkan alat pemuas yg tersedia terbatas.
e.    Sifat serakah sebagian besar manusia yang mengakibatkan cepat berkurang dan rusaknya persediaan sumber daya alam.
Kebutuhan Manusia Yang Tidak Terbatas
a.    Usia
Anda tentu masih ingat apa kebutuhan Anda ketika masih bayi.  Ketika baru lahir kebutuhan kita yang utama adalah susu dan popok  bayi. Menginjak usia empat bulan kita sudah  membutuhkan makanan lumat seperti bubur.  Beberapa bulan kemudian kita sudah makan  makanan yang lebih bervariasi. Setelah masuk usia sekolah, Anda membutuhkan pendidikan formal. Mulai dari SD, SMP, dan SMA. Selama masa sekolah, kebutuhan Anda juga bertambah seperti alat-alat tulis, buku pelajaran, transportasi, dan sebagainya.
b.    Pendidikan
Kebutuhan manusia juga berkembang seiring dengan tingkat pendidikannya. Ketika Anda duduk di bangku SD, kebutuhan Anda  tentu tidak sebanyak ketika Anda duduk di bangku SMP. Misalnya untuk alat-alat sekolah, ketika di SD buku yang Anda perlukan tidak sebanyak ketika di SMP. Ketika di SMA seperti sekarang, kebutuhan buku Anda lebih banyak lagi. Itu baru dalam hal peralatan sekolah. Apakah kebutuhan uang saku Anda juga meningkat?
c.    Teknologi
 Perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan.  Sekarang Anda sudah biasa melihat orang berbicara lewat telepon  sambil jalan-jalan. Ini adalah akibat dari perkembangan teknologi  komunikasi yang menghasilkan handphone  orang menjadi lebih mudah berkomunikasi, lebih  gaya, dan tidak dianggap gagap teknologi. Orang pun merasa bahwa handphone adalah kebutuhan  yang tidak kalah penting dari makanan atau pakaian, maka tidak jarang Anda melihat orang  yang selalu berganti-ganti handphone demi  mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Coba Anda temukan lagi peningkatan kebutuhan  akibat perkembangan teknologi yang ada di  lingkungan sekitar Anda!
d.    Pendapatan
Coba perhatikan orang-orang di sekitar tempat tinggal Anda. Tentu  Anda dapat membedakan mana yang berpendapatan tinggi dan  mana yang berpendapatan rendah. Apakah kebutuhan mereka  menggunakan mobil ketika bepergian, sementara ada pula yang  hanya mengayuh sepeda. Ini membuktikan bahwa tinggi rendahnya pendapatan berpengaruh terhadap kebutuhan. Mungkin tetangga Anda yang hanya mengayuh sepeda itu kelak akan berganti motor ketika pendapatannya meningkat.
e.    Jumlah Penduduk
Kebutuhan akan semakin besar seiring dengan pertambahan penduduk. Hal ini tentu mudah Anda pahami. Perhatikanlah keluarga Anda. Setiap anggota keluarga pasti memiliki kebutuhan sendiri. Misalnya, Anda membutuhkan makanan untuk tiga kali sehari, tiga pasang baju seragam, dua pasang sepatu, dan seterusnya. Semakin banyak jumlah anggota keluarga, semakin besar dan beragam pula kebutuhannya. Demikian juga dalam lingkup yang lebih luas seperti negara. Ini bisa Anda lihat dari besarnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.
f.    Iklan atau Promosi Produk
Dalam kehidupan modern, kebutuhan manusia juga banyak dipengaruhi oleh perkembangan produk-produk baru dan promosi produk melalui berbagai media massa. Sebagai contoh, sering kita membeli suatu produk hanya karena iklan produk tersebut sering muncul di televisi. Iklan memang dirancang untuk memengaruhi persepsi konsumen bahwa produk tersebut sesuai dengan kebutuhan calon konsumen.

0 Responses to “Contoh Artikel Sumber Ekonomi Yang Langka”

Poskan Komentar

Sponsored by Jobs