Rabu, 20 November 2013

Hijrah Nabi

 Hijrah Nabi
Hijrah Nabi dilakukan 13 Hijriyah tahun kenabian. Dimalam yang sunyi dan senyap datanglah Malaikat Jibril membawa kabar kepada Rasulullah. Keesokan harinya Rasulullah datang kerumah Abu Bakar untuk memberi tahu bahwa malam ini akan berhijrah. Rasulullah akan berhijrah dari kota Mekkah ke Madinnah. Lalu Rasulullah berbincang-bincang dengan Ali bin Abi Thalib. Saat itu Rasulullah sedang dikepung pemuda Quraisy. Lalu Rasulullah pergi meninggalkan kota Mekkah pada tanggal 6 September 622 Masehi.

Jika kota Mekkah dan Madinnah ditempuh menggunakan unta, sekitar 450 Km.

Lalu Nabi berlindung di gua Tsur selama 3 hari 3 malam. Selanjutnya Rasulullah meletakan kepalanya di pangkuan Abu Bakar. Abu Bakar menjatuhkan air matanya ke wajah Rasulullah karena kakinya digigit ular. Lalu Rasulullah  berkata : “dekatkan kakimu”! Dan Abu Bakar pun mendekatkan kakinya. Saat itu diluar gua terdengar orang-orang kafir Quraisy bercakap-cakap.

Suatu hari Abdullah bin Uraikit datang ke persembunyian Rasulullah sambil membawa unta pesanan Abu Bakar. Rasulullah akan melanjutkan perjalannya dengan menggunakan unta.

Datanglah Asma bin Abu Bakar sambil membawa bekal untuk ayahandanya dan Rasulullah untuk melanjutkan perjalannya ke Madinnah.

Ditengah perjalanan Nabi Muhammad dan Abu Bakar dihadang oleh Surafah seorang pemuda Quraisy yang ingin membunuh Nabi, namun usaha Surafah gagal.

Rasulullah dan Abu Bakar tiba di Madinnah pada hari Senin tanggal 8 Rabi;ul Awal 14 tahun kenabian, lalu Rasulullah mendirikan Masji di Madinnah yang diberi nama Masjid KUBA.

0 Responses to “Hijrah Nabi ”

Poskan Komentar

Sponsored by Jobs