Selasa, 07 Mei 2013

Contoh Makalah Manfaat Internet

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Dewasa ini, pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), telah menjadi tren tersendiri dalam dunia pendidikan, terutama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pembelajaran TIK perlu diperkenalkan, dipraktikkan, dan dikuasai siswa sedini mungkin agar mereka memiliki bekal yang dapat membantu mereka untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Salah satu di antaranya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran internet yang merupakan salah satu bagian dari pembelajaran TIK, sehingga program pembelajaran internet akan semakin baik. Karena dengan program pembelajaran yang semakin baik, maka perkembangan teknologi informasi akan berlangsung dan berkembang dengan baik pula. Internet sangat dibutuhkan disekolah-sekolah sebagai usaha perkembangan dari sebuah teknologi.
Sejalan dengan kemajuan teknologi jaringan dan perkembangan internet, memungkinkan penerapan teknologi ini di berbagai bidang termasuk di bidang pendidikan atau latihan.Di masa datang penerapan teknologi internet di bidang pendidikan dan latihan akan sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan, terutama di Indonesia yang wilayahnya tersebar di berbagai daerah yang sangat berjauhan.
Perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan ini maka seorang pelajar tidak perlu lagi gagap terhadap perkembangan teknologi, karena dengan pembelajaran internet di sekolah dapat menunjang peningkatan pendidikan di Indonesia. Dengan permasalahan di atas, kami berusaha melakuakn penelitian yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dan pengetahuan siswa di sekolah tentang internet.

B.    RUMUSAN MASALAH
Dari permasalahan yang telah diuraikan pada latar belakang di atas, maka rumusan permasalahan pada penelitian ini ádalah :
1.    Apakah pengaruh internet dalam untuk siswa SMP?
2.    Bagaimana mengarahkan penggunaan internet bagi siswa SMP?

C.    BATASAN MASALAH
Agar tidak terjadi makna yang berlebihan dan memudahkan lingkup penelitian, maka peneliti memberi batasan sebagai berikut :
1.    Ruang lingkup penelitian hanya seputar pengetahuan tentang internet.
2.    Ruang lingkup penelitian dibatasi hanya pada warnet tertentu yang dikunjungi penulis.

D.    TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk :
1.    Meningkatkan kualitas pembelajaran internet untuk memperoleh hasil yang lebih baik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP.
2.    Mengetahui sejauh mana pengaruh internet terhadap pembelajaran di sekolah.
3.    Mengetahui seberapa besar pengetahuan siswa – siswi SMP tentang internet.

E.    MANFAAT PENELITIAN
Hasil pembelajaran internet akan meningkat. Adanya proses pembelajaran yang baik untuk memperoleh hasil yang semakin baik, dan membuat siswa termotivasi untuk lebih berprestasi dalam belajar.
1.    Dapat dijadikan objek studi banding oleh sekolah lainnya, karena pembelajaran internet belum banyak diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia. Dengan perkembangan pembelajaran internet di SMP, akan membawa nama baik bagi sekolah dan para siswa akan lebih termotivasi untuk lebih meningkatkan kemampuan tentang internet.
2.    Menumbuhkan inovasi dan kreativitas siswa serta menambah wawasan pengetahuan siswa dalam bidang ilmu pendidikan, khususnya metode pembelajaran teknologi informasi. Inovasi dan kreatifitas dari para siswa sangant penting, karena tanpa adanya hal demikian akan mengahmbat usaha pembelajaran khususnya pembelajaran tentang teknologi informasi.

F.    TEMPAT PENELITIAN
Penelitian ini dilakukan di tempat umum yaitu di warnet tertentu yang dipilih peneliti secara acak terutama yang berada di sekitar sekolah (SMP) yang diperkirakan banyak dikunjungi para siswa.

G.    WAKTU PENELITIAN
Penelitian ini diperkirakan memakan waktu selama dua minggu dengan susunan operasional sebagai berikut:
1.    Menentukan warnet tempat pengamatan dan penelitian
2.    Mengamati siswa SMP yang menggunakan jasa warnet, terutama mengenai konten internet yang dipakai para siswa.
3.    Membuat laporan hasil penelitian

H.    METODE PENELITIAN
Dalam penelitian ini, kami menaggunakan metode pengamatan terhadap siswa SMP pengunjung warnet untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan pengetahuan siswa di sekolah tentang internet.


BAB II
LANDASAN TEORI

A.    PENGERTIAN
1.    Pengertian Siswa SMP
Sekolah menengah pertama (disingkat SMP, Bahasa Inggris: junior high school) adalah jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus sekolah dasar (atau sederajat). Sekolah menengah pertama ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Pada tahun ajaran 1994/1995 hingga 2003/2004, sekolah ini pernah disebut sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).
Siswa SMP ada peserta didik yang menuntut ilmu di jenjang pendidikan SMP yaitu jenjang pendidikan setelah sekolah dasar.

2.    Pengertian Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

B.    PERKEMBANGAN INTERNET
Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan "at" atau "pada". tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bias menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

C.    MANFAAT DAN KERUGIAN INTERNET
1.    Manfaat Internet
a.    Komunikasi :
Sasaran utama dari internet selalu komunikasi. Inovasi yang terjadi agar lebih cepat, lebih dapat diandalkan.
Sekarang kita dapat berkomunikasi dengan fraksi yang kedua dengan orang yang duduk di bagian lain dunia. Hari ini untuk komunikasi yang lebih baik, kita dapat memanfaatkan fasilitas e-mail, kita dapat chatting selama berjam-jam dengan orang yang kita cintai. Ada banyak messenger layanan dalam penawaran. Dengan bantuan layanan seperti itu, menjadi sangat mudah untuk mendirikan semacam persahabatan global di mana Anda dapat berbagi pemikiran Anda, dapat menjelajahi kebudayaan lain dari etnis yang berbeda.

b.    Informasi :
Informasi mungkin internet menawarkan keuntungan terbesar. Internet adalah harta karun virtual informasi.Setiap jenis informasi pada setiap topik di bawah matahari tersedia di Internet. mesin cari seperti Google, yahoo adalah pada layanan Anda di Internet. Anda hampir bisa menemukan semua jenis data pada hampir semua jenis topik yang Anda cari. Ada sejumlah besar informasi yang tersedia di internet untuk hampir semua subyek yang dikenal manusia, mulai dari pemerintah dan layanan hukum, pameran dagang dan konferensi, informasi pasar, ide-ide baru dan dukungan teknis.
Mahasiswa dan anak-anak antara pengguna atas yang surfing Internet untuk penelitian. Hari ini, hampir diperlukan bahwa siswa harus menggunakan internet untuk riset untuk tujuan mengumpulkan sumber daya.Guru telah mulai memberikan tugas yang memerlukan penelitian di Internet.Sejumlah situs web yang tersedia di internet menawarkan banyak informasi bagi masyarakat.

c.    Hiburan :
media internet telah menjadi sangat sukses dalam perangkap segi faktor hiburan. Men-download permainan, Ada banyak permainan yang dapat didownload dari internet secara gratis. Industri game online telah mencicipi dramatis dan fenomenal perhatian pecinta game.

d.    Layanan :
Banyak pelayanan sekarang tersedia di internet seperti perbankan online, mencari pekerjaan, pembelian tiket untuk film favorit Anda, layanan bimbingan pada array topik melanda setiap aspek kehidupan, dan pemesanan hotel. Seringkali layanan ini tidak tersedia off-line dan dapat dikenakan biaya lebih banyak.

2.    Kekurangan Internet   :
a.    Pencurian informasi pribadi :
Jika Anda menggunakan Internet, Anda mungkin akan menghadapi bahaya besar sebagai informasi pribadi Anda seperti nama, alamat, nomor kartu kredit dll dapat diakses oleh penjahat lainnya untuk membuat suatu permasalahan Anda lebih parah.

b.    Spamming:
Spamming mengacu pada mengirim e-mail yang tidak diinginkan dalam jumlah besar, yang memberikan ada tujuan dan sia-sia menghambat seluruh sistem. kegiatan ilegal tersebut bisa jadi sangat frustasi bagi Anda, dan bukan hanya mengabaikannya, Anda harus melakukan upaya untuk mencoba dan menghentikan kegiatan sehingga menggunakan Internet dapat menjadi yang lebih aman.

c.    Ancaman virus :
Virus tidak lain hanyalah sebuah program yang mengganggu fungsi normal dari sistem komputer Anda.Komputer terpasang ke internet lebih rentan terhadap serangan virus dan mereka bisa berakhir ke seluruh hard disk menabrak Anda.

d.    Pornografi:
Ini mungkin merupakan ancaman terbesar yang berhubungan dengan hidup sehat mental anak-anak Anda.Sebuah masalah yang sangat serius tentang Internet. Ada ribuan situs porno di Internet yang dapat dengan mudah ditemukan dan dapat menjadi faktor yang merugikan untuk membiarkan anak-anak menggunakan Internet.

D.    MANFAAT INTERNET UNTUK SISWA SEKOLAH
Selain beragam manfaat, internet juga bisa merusak pola pikir serta pola perilaku seseorang. Berikut dampak negatif internet bagi pelajar :
    Pelajar bisa mengakses situs tak layak seperti situs dengan konten porno yang marak diperangi oleh orang tua. Memang akhir-akhir ini salah satu kementrian di Indonesia sedang giat-giatnya memblokir situs porno, namun tak ada jaminan semua situs tersebut bisa ditutup.
    Gila facebook dan twitter juga merupakan salah satu hal yang negarif di dunia internet. Kecanduan jenis ini merubah pola sosial seseorang sehingga lebih nyaman bertegur sapa di situs sosial ketimbang di dunia nyata.
    Hal negatif lainnya yang bisa merusak pelajar adalah fasilitas game online serta perjudian online. Kedua hal ini memang sedang tren. Jika masih dalam kontek wajar, mungkin tak terlalu mengkhawatirkan. Namun beberapa kasus yang ditemui, kecenderungan untuk bermain serta berjudi secara online bukan lagi sebatas hobi namun sesuatu yang dirasa penting untuk dilakukan. Game online dan perjudian online agaknya telah menjadi candu dan banyak perakibat pada menurunnya prestasi belajar seseorang.

Pada hakekatnya internet merupakan alat. Layaknya sebuah alat, penggunaannya tentu bergantung pada orang sebagai subjek pelaku. Jadi dengan kata lain, positif dan negatif adalah pilihan. Manfaat internet bagi pelajar merupakan sesuatu yang harus terus-menerus diberdayakan bagi pelajar. Sedangkan nilai-nilai negarif-nya harus direduksi secara perlahan. Oleh karenanya, penggunaan internet harus selalu berada dalam pengawasan para pendidik maupun keluarga.


BAB III
HASIL PENELITIAN

Dalam bab ini, peneliti akan memberitahukan hasil penelitian sebagai berikut :
1.    Tingkat kegemaran siswa bermain internet
Kegemaran siswa terhadap dunia internet sangat besar sekali. Ini tercemin dalam hasil penelitian yang menunjukkan bahwa :
Suka sekali : 60 %
Suka : 20 %
Biasa saja : 15 %
Tidak suka : 5 %
Dengan jumlah prosentase jumlah suka sekali sangat besar, maka dapat internet sangat digemari oleh siswa sekolah khususnya siswa SMP. Hal ini juga ditunjang dengan jumlah prosentase yang tidak menyukai internet yang kecil yakni sekitar 5 persen.

2.    Tujuan siswa bermaen internet
Sangat bervariasi tujuan siswa menggunakan internet. Dalam hal ini, peneliti juga mendapatkan beberapa tujuan siswa mengguanakan internet. Antara lain :
Cari bahan buat tugas : 35 %
Chatting + sosialita (cari teman) : 45 %
Game online : 5 %
Liat film dan hiburan : 15 %
Dengan hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa tujuan siswa menggunakan internet adalah untuk mencari teman atau bersosialisasi dengan situs yang sedang banyak digemari. Selain itu ada juga siswa SMP yang mencari bahan mengerjakan tugas sekolah, melakukan hiburan dengan mengunjungi situs hiburan audio/video dan sebagian kecil bermain game online.



BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari beberapa penjelasan diatas, dapat meyimpulkan beberapa hal sebagai berikut :
    Internet sangat bermanfaat bagi kalangan masyarakat khusunya bagi anak sekolah. Karena dengan memiliki pengetahuan tentang internet, maka pendidkan sekolah akan semakin berkembang dengan baik.
    Dengan internet, siswa dapat melakukan inovasi dan melakukan kreatifitas yang semakin baik.
    Perkembangan teknologi informasi akan terus berkembang sesara berkesinambungan.
    Internet sebagai sumber ilmu pengetahuan dan dapat memberikan informasi secara cepat dan akurat.

B.    SARAN
Berdasarkan hal diatas, kami memberikan beberapa saran yaitu :
    Siswa diharapkan lebih mengembangkan inovasi dan kreatifitas melalui internet.
    Dengan prosentase kegemaran siswa terhadap internet sangat tinggi, diharapkan bahwa perkembangan dan pembelajaran internet akan lebih ditingkatkan di sekolah-sekolah khususnya di SMP.




DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_pertama [tersedia]
http://lompoulu.blogspot.com/2012/07/manfaat-internet-bagi-pelajar.html [tersedia]
http://www.camsh.com/internet/manfaat-internet-bagi-pelajar-pendidikan-dan-masyarakat.html [tersedia]
http://smpn6btm.blogspot.com/ [tersedia]
http://www.terindikasi.com/2012/04/sejarah-perkembangan-internet-dunia.html [tersedia]


0 Responses to “Contoh Makalah Manfaat Internet”

Poskan Komentar

Sponsored by Jobs