Selasa, 09 Oktober 2012

Tugas Analisis Kesalahan Bahasa

Tugas Analisis Kesalahan Bahasa
1.a. kesalahan berbahasa Indonesia adalah pemakaian bentuk-bentuk tuturan berbagai unit kebahasaan yang meliputi kata, kalimat, paragraf, yang menyimpang dari sistem kaidah bahasa Indonesia baku, serta pemakaian ejaan dan tanda baca yang menyimpang dari sistem ejaan dan tanda baca yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan dalam buku Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan
Contohnya:
-    kesalahan keefektifan kalimat :
Sering keluarga yang dari daerah pedalaman tinggal di luar kota lama dan banyak adalah petani
Alternatif pembenarannya:
Keluarga dari daerah pedalaman, yang sebagaian besar adalah petani,  sering tinggal di luar kota untuk waktu yang lama.
- kesalahan pemilihan kata:
 Situasi ini pusing untuk anak-anak dan bisa sangat mempengaruhi mereka.
Alternatif pembenarannya:
Situasi ini membingungkan anak-anak dan  sangat mempengaruhi mereka.

 b.kekeliruan berbahasa adalah kekeliruan adalah penggunaan bahasa yang menyimpang dari kaidah bahasa yangberlaku dalam bahasa itu namun tidak dipandang sebagai suatu pelanggaranberbahasa. Kekeliruan terjadi pada anak (siswa) yang sedang belajar bahasa.
Contohnya :
Absen berasal dari bahasa Inggris, absent yang artinya tidak hadir. Namun kenyataan dalam kehidupan sehari-hari membuktikan, penggunaan kata tersebut diartikan sebaliknya, menjadi hadir. istilah buku absen digunakan untuk memberi label buku daftar hadir.
2.kesalahan bahasa dibidang:
 a. fonologi :
Sumber kesalahan berbahasa dalam tataran fonologi bahasa Indonesiaantara lain: fonem, diftong, kluster dan pemenggalan kata. Sumber kesalahan ituterdapat pada tataran berikut.
Contoh: Kata kalau diucapkan kalo menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa itu disebabkan bunyi diftong /au/ diucapkan sebagai /o/. Hal yang hampir sama terdapat pula dalam pengucapan aktif  menjadi aktiv,variasi menjadi fariasi,ubah menjadi obah,stasiun menjadi stasion,pantai menjadi pante, dan lain-lain.
b. Morfologi :
Kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi sebahagian besar berkaitandengan bahasa tulis. Tentu saja kesalahan berbahasa dalam bahasa tulis ini berkaitan juga dengan bahasa lisan apalagi bila kesalahan berbahasa dalampenulisan morfologi itu dibacakan. Kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi disebabkan oleh berbagai hal. Kesalahan berbahasa bidang morfologi dapatdikelompokkan menjadi kelompok afiksasi, reduplikasi, dan gabungan kata ataukata majemuk.
Contohnya: bentuk gramatik orang tua bijaksana diulang hanyasebahagian yakni, orang-orang tua bijaksana. Seharusnya perulangannya penuh,yakni orang tua bijaksana-orang tua bijaksana
c. sintaksis
Kesalahan berbahasa dalam bidang sintaksis sebahagian besar berkaitan dengan penggunaan kata dan pembentukan kalimat.
Contoh: Selain daripada itu saya kabarkan pula

0 Responses to “Tugas Analisis Kesalahan Bahasa”

Poskan Komentar

Sponsored by Jobs