Minggu, 21 Oktober 2012

Contoh Naskah Drama 5 Orang Tema Persahabatan

Contoh Naskah Drama 5 Orang Tema Persahabatan

Narator     :    Bobby dan Emhade merupakan sahabat baik. Mereka telah bersahabat sejak kecil, tapi suata hari ketika keluarga Emhade jatuh miskin, Bobby pun tak ingin lagi bersahabat dengan Emhade. Suatu siang ketika Emade, Bobby, Dilla, Elza dan Dessy sedang berada di kelas untuk bersih-bersih sebelum pulang sekolah, Emhade dengan berat hati mengatakan kepada Bobby untuk membantunya. Karena menurutnya Bobby lah yang bisa menolongnya dan Bobby merupakan sahabatnya, malah yang terjadi adalah Bobby balik menghina Emhade.
Emhade    :    Bobby, bisakah kau menolongku sedikit saja?
Bobby     :     Apa? Menolongmu? Kau pikir kau itu siapa yang harus aku tolong?
Emhade     :     Kenapa dengan mu Aaron? Bukankah kita sahabat? Masa kau sudah lupa dengan itu?
Bobby     :     Sahabat? Maaf ya aku tidak punya sahabat seperti mu yang miskin. Aku hanya mau bersahabat dengan orang yang kaya.
Dilla     :     kenapa dengan kalian berdua? Sepertinya sedang bermasalah gitu.
Emhade     :    Tidak ada apa-apa kok. Kita berdua baik-baik saja. Ya kan Bobby?
Bobby     :     Baik-baik saja? Gini ya Dilla , tadi si miskin ini meminta bantuan ke aku. Tapi sayangnya aku tak ingin membantu orang seperti dia. Mana dia ngaku-ngaku sahabat aku lagi? Ogah deh.

..........( Emhade pun pergi karena mendengar perkataan Bobby seperti itu )……….
Dilla     :     Jangan begitu Bobby. Bukannya kau dan Emhade memang bersahabat dari kecil? Masa karna sekarang Emhade dan keluarganya jatuh miskin, kau tidak mau lagi bersahabat dengannya. Bukannya saat-saat seperti ini kau bisa tunjukan ke dia, kalau kau memang sahabatnya. Bukan malah meninggalkannya.
Dessy     :     Betul itu kata si Dilla. Seharusnya kau sekarang menyuport dia, bukan menghina dia seperti itu. Kasian kan dia.
Elza     :     Betul itu. Sahabat seperti apa kau ini?
Bobby     :     Kalian pikir siapa kalian yang berani-berani menasehatiku? Sok baik! Terserah aku dong mau berbuat apa. Urus saja diri kalian masing-masing.
Dessy     :     Kita bukannya bermaksud menasehati kamu atau sok baik. Tapi kita tidak mau persahabatan kamu dan Emhade berakhir seperti ini.
Bobby     :     Halah itu bukan urusan ku dan juga kalian. ( Bobby pun langsung pulang )
Elza     :     Setan apa yang merasuki anak itu? Bisa-bisanya dia berbuat begitu kepada Emhade. Bukankah selama ini dia yang selalu saja membela-bela Emhade ketika ada masalah?
Nuii     :     ya itu hanya dia yang tahu. Tapi satu hal yang akhirnya kita tahu, Bobby hanya mau berteman dengan orang yang Kaya.
Dessy     :     Pantas saja.
Elza     :     Pantas apanya?
Dessy     :    sudahlah jangan dibahas lagi, mending kita pulang saja.
Dilla     :     betul itu.
Narator     :     keesokan harinya Mereka kembali masuk kesekolah seperti biasa, tetapi tidak dengan Emhade. Hal ini pun terjadi selama 2 minggu berturut-turut. Pada akhirnya ketika mereka berempat sedang dalam perjalanan kesekolah, dengan tidak sengaja mereka bertemu dengan Emhade di pinggir jalan yang sedang mencari barang bekas.
Dilla     :     Hey bukannya itu Emhade?
Dessy     :     ia benar itu Emhade. Sedang ngapain dia? Bukannya masuk sekolah malah keliuran seperti itu.
Dilla     :     ia benar. (Dilla pun langsung menarik Bobby yang jalan di belakangnya dan sedang asyik dengan Iphone-nya) Liat itu? Apa yang sahabatmu lakukan?
Bobby     :     haha… Pasti sedang mengais-ngais sampah. Namanya juga orang miskin.
Elza     :     Apaan sih. Ayo kita samperin saja dia.
Dilla     :     Emhade, apa yang sedang kau lakukan? Kenapa kau tidak masuk 2 minggu ini?
Emhade     :     (dengan Kaget) aku? Ya seperti yang kalian liat.
Bobby     :     aku bilang juga apa. Pasti dia sedang mengais-ngais sampah. Seperti tidak tahu saja kalian kerjaan orang miskin.
Dessy     :     sudahlah Aaron, begitu-begitu Julio itu sahabatmu.
Dilla     :     Apa-apaan sih. Kenapa kau tidak masuk sekolah lagi Emhade?
Emhade     :     Begini, orang tua ku tidak punya uang untuk membiayai aku dan adikku untuk sekolah. Sedangkan adikku masih mau sekolah, jadi aku mengalah saja untuk adikku. Biar adikku yang sekolah dan aku membantu orang tua ku untuk menyambung hidup.
Elza     :     Mulia betul hati mu sobat.
Bobby     :     haha. Mulia apanya? Dia cuma mau cari muka tahu? kalian ini gampang sekali dibodohi sama dia.
Emhade     :     Tega sekali kau berkata begitu pada ku. Aku memang sekarang sudah miskin, tapi aku masih punya perasaan. Kalau kamu tidak mau bersahabat lagi dengan ku ya sudah itu tidak jadi masalah buat ku, tapi jangan kau hina aku dengan kata-katamu itu. Satu lagi, aku tidak pernah menyesal pernah berkenalan dengan mu. Tapi itu merupakan pembelajaran bagi ku. Terima kasih Bobby. (Emhade pun lari secepat mungkin meninggalkan mereka berempat dengan perasaan yang bercampur aduk)
Dilla     :     sudah puas kau menyakiti dia? ingat Bobby, suatu hari nanti kau juga akan merasa apa yang Emhade rasakan sekarang.
Elza dan Dessy : Betul itu.
Bobby     :     haha. Itu tidak mungkin. Keluarga ku tidak mungkin jatuh miskin seperti dia. Toh keluargaku memiliki banyak usaha yang menghasilkan banyak uang. Dan tidak akan habis untuk 5 generasi. Haha ( sambil tertawa Bobby pun jalan meninggalkan mereka bertiga)
Elza     :     Sombong sekali itu anak. Semoga hidupnya baik-baik saja.
Dilla     :     ya semoga saja. Memang terkadang kita harus menyadari bahwa ada orang tertentu yang bisa tinggal dihati kita, namun tidak dalam kehidupan kita
Dessy     :     ya betul itu. Dan semoga suatu hari nanti kita bisa bertemu lagi dengan Emhade.
……….( mereka bertiga akhrinya melanjutkan perjalan ke sekolah )……….
Narator     :     Hari itu merupakan hari terakhir mereka bertemu Emhade Dan ketika semuanya telah terjadi, Bobby pun merasakan apa yang dulu Emhade rasakan. Keluarganya bangkrut karena ditipu oleh orang lain. Tapi sayangnya Bobby tidak terima dengan hidupnya yang miskin, dan ia beranggapan bahwa semua ini salah Emhade.
------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Naskah Drama 5 Orang Tema Persahabatan (3 Perempuan Dan 2 Laki-Laki)
Berakhir menjadi sahabat
Suatu hari, ada anak baru di kelas IX-C yang bernama Putra. Dia anak yang cupu dan kurang bergaul.


Leta     :     Eh.. ada anak baru tuh! Kerjain yuk...
Vita     :     Ayo.. kapan?
Chika     :     Ntar aja istirahat, pas dia di kantin
    ( bel istirahatpun berbunyi )
Leta     :     Udah bel tuh, kok dia belum keluar ya?
Vita     :     Aduuh.. lama banget sih tuh anak
Chika     :    Eh, tuh dia keluar. Siap-siap ya...
    ( Putra keluar membawa bekal makannya. Dan Chika Putra)
Putra     :     Aduuh!
Leta     :     Mampus lo!
    (Mereka bertiga tertawa )
Riki     :     Kalian tuh apa-apaan sih?
    ( Sambil membantu Putra bangun )
Vita     :     Kenapa? Gak suka lo?
Riki     :     Ga suka gue! Lo perlakuin dia sesuka lo!
Chika     :     Eh, gue gak punya masalah ya sama lo! Jadi gue harap lo gak usah ikut campur!
Riki     :     Tapi lo jangan seenaknya gini dong sama dia!
Chika     :     Jadi lo gak suka kalo gue gituin dia ? Apa lo mau nasib lo kayak tuh anak?
Riki     :     Yaudahlah Tra, jangan diladenin orang kaya gitu. Mendingan kita pergi dari sini.
Leta     :     Wah... makin cari gara-gara aja dia. Kita kan belum selesai bicara, udah pergi aja..
Vita     :     Santai.. gue udah ada ide untuk ngerjain mereka.
Leta     :     Memangnya apa ide lo?
Vita     :     Gimana kalo kita kunciin di gudag?
Chika     :     Bagus tuh!
    ( Bel masuk pun berbunyi )
Chika     :     Udah bel, masuk kelas yuk..
Leta     :     Ayo..
    ( Dan akhirnya bel pulang berbunyi )
Riki     :    Put,, mau pulang bareng gak?
Putra     :     Boleh boleh
Vita     :     Eh, mereka udah keluar tuh?
    ( Leta tiba-tiba memanggil Riki dan Putra )
Leta     :     Putra! Riki ! Sini deh..
Riki     :     Kenapa?
Leta     :     Kalian disuruh ambil buku-buku lama di gudang
Pytra     :     Disuruh siapa?
Leta     :     Ya petugas perpustakaan lah!
Riki     :     Sekarang?
Vita     :     Ya iya lah...! Masa besok!
Putra     :     Ya sudah, yuk Riki kita ke gudang.
    ( Putra dan Riki sedang memilih buku-buku lama )
Putra     :     Loh..! kok pintunya tertutup? Siapa yang ngunci pintunya?
Riki     :     Pasti mereka bertiga yang ngunciin kita di sini.
    ( Putra dan Riki minta tolong )
    (Keesokan harinya )
    ( Chika, Vita dan leta masuk seperti biasanya )
    ( Tiba-tiba ada seorang teman yang memberi tahu mereka bahwa mereka dipanggil ke ruangan BK )
Chika     :     Ada apa ya? Kok kita dipanggil ke BK?
Vita     :     Gak tau deh, kenapa ya?
Leta     :     Aduh.. pasti ada apa-apa deh, gimana nih?
Chika     :     Ya sudah, ga usah takut. Ke sana aja dulu, siapa tau kita dapat prestasi.
Vita     :     Ya sudah, yuk cepetan.
    ( mereka bertiga pergi ke ruang BK )
    ( setelah sampai, mereka dimarahi karena telah mengunci Putra dan Riki di gudang. Guru BK menyarankan agar mereka tidak melakukannya lagi dan meminta maaf kepada Putra dan Riki. )
Cleta,
Vita, Leta     :     Riki, Putra. Kita minta maaf ya atas perlakuan kita ke kalian. Kalian mau kan maafin kita?
Putra     :     Ya sudah, kita maafin. Tapi kalian janji ya ngga akan gitu lagi sama kita?
Vita     :     Iya, kita janji.
Riki     :     Gimana kalo sekarang kita temenan aja?
Leta     :     Ide bangus tuh!
Putra     :     Jadi sekarang kita temenan nih?
Chika, Vita,
Leta & Riki     :     ya iyalah.....
Riki     :     Kenapa gak dari dulu aja sih kita kaya gini ?
Riki     :     Iya, kan enakan juga kaya gini daripada musuhan.
Vita     :     Iya juga ya, kenapa gak dari dulu aja kita kaya gini.
Leta     :     Iya, gue maunya juga kaya gini. Tapi kan sifat jahil kita bertiga yang buat kita banyak musuh.
Chika     :     Ya sudahlah... gak usah diungkit-ungkit lagi masalah yang udah lalu, yang penting kan sekarang kita udah temenan. Dan gue mau kita gak cuma temenan aja. Gue mau kita jadi sahabat, untuk selamanya. Dan gak ada lagi yang namanya musuhan lagi.
Putra     :     Iya, gue juga maunya kita jadi sahabat yang menolong satu sama lain.
Vita     :     Dan gue juga mau kita semua saling peduli, seperti kalau ada temen yang sedih kita ada buat dia
Leta     :     Dan kalau dia lagi senang, kita juga ngerasain bareng-bareng.
Riki     :     Iya, bener banget tuh! ( Sambil tersenyum)
    Akhirnya merekapun bersahabat

0 Responses to “Contoh Naskah Drama 5 Orang Tema Persahabatan”

Poskan Komentar

Sponsored by Jobs